Sunday 9 April 2017

Bagaimana Menjaga Berat Badan Ideal ?



Salah satu yang menjadi keluhan sebagian besar wanita adalah kelebihan berat badan. Selama saya bekerja, banyak sekali kasus wanita yang menanyakan obat yang ampuh menurunkan berat badan. Ya, memang kasus wanita yang memilik berat badan berlebih lebih besar daripada pria. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya akitivitas fisik yang dilakukan oleh wanita, apalagi yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. 
Selain itu, sebagian besar aktivitas wanita juga berhubungan dengan makanan. Mulai dari belanja kebutuhan masak di pasar, sampai mengolahnya hingga menjadi santapan keluarga. Bisa dibayangkan saat kita melihat makanan, pasti ada keinginan untuk mencicipi. Meski pun hanya sedikit, tapi jika ini berlangsung lama dan terus-menerus maka bisa menyebabkan tubuh kelebihan kalori dan terjadi peningkatan berat badan.
Sebagai sesama wanita yang juga berprofesi sebagai tenaga kesehatan. Saya memahami perasaan mereka yang sudah berusaha untuk diet tapi berat badan belum turun juga. Sekedar informasi, saya tidak termasuk wanita dengan kelebihan berat badan ya hehehe.
Banyak yang mengeluh sudah mengkonsumsi obat penurun berat badan tapi belum juga membuahkan hasil. Jika bertemu wanita dengan keluhan seperti ini, saya biasanya menyarankan tiga tips berikut. Bisa dicoba bagi Anda yang sudah bosan dengan lemak yang menempel dibadan :-)
1.        Rutin olahraga
Olahraga ringan setiap hari yang dilakukan secata rutin dapat membantu membakar   kalori dan tentu saja mengurangi jumlah lemak otot. Jika rutin melakukan olahraga selama 150 menit sepekan atau rata-rata 30 menit sehari, bukan saja dapat menurunkan berat badan tapi memelihara kesahatan jantung dan pembuluh darah.
2.        Hindari makan terlalu malam
Pada saat kita tidur, tubuh tidak membutuhkan banyak kalori. Makan makanan yang tinggi karbohidrat sebelum tidur dapat membuat tubuh kelebihan kalori yang akan disimpan dalam bentuk lemak. Tentu hal ini dapat meningkatkan berat badan. Sebaiknya hindari makan makanan berat minimal tiga jam sebelum tidur agar berat badan tetap ideal dan juga menjaga kesehatan pencernaan.
3.        Hindari stres
Tidak dapat dipungkiri, wanita memang sering mengalami stres. Pada saat stres, hormon kortisol akan meningkat dan menyebabkan napsu makan bertambah. Imbasnya tentu pada penumpukan kalori dan peningkatan berat badan. Jadi hindari stres ya biar berat badan tetap ideal dan sehat
4.        Konsumsi buah dan minum air putih
Buah adalah makanan yang sangat banyak manfaatnya, rasanya juga enak sehingga tidak ada alasan untuk mengihndari. Untuk mencegah peningkatan berat badan konsumsi buah yang memberikan rasa kenyang lebih lama seperti pisang dan pepaya. Selain itu, minum air putih minimal 8 gelas sehari juga membantu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi

Sekian dulu tips sehatnya. Semoga bermanfaat

11 comments:

  1. Nah! Ini PR banget buat saya. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cita-cita langsing tapi doyan makan dan malas olahrag...wanita-wanita haha

      Delete
  2. Wah... Saya banget ini, pengen turun berat badan, tapi ngemil jalan terus😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...Keinginan tidak sejalan dengan usaha yang mba' ^^

      Delete
  3. Replies
    1. Harus Mba'...bukan hanya untuk menjaga berat badan tapi demi kesehatan :-)

      Delete
  4. nice post mba, untuk menjaga berat badan ideal dan diet aku juga potong porsi nasi putih jadi 1/4 piring :)

    ReplyDelete
  5. hohoho yah urusan wanita emang nggak jauh2 dari makanan, menyuapi anak pllus menghabiskan makanannya kalau bersisa. makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hobby makan, cita-citanya langisng ya hehe

      Delete
  6. Olahraga masih jadi PR terbesar buat saya hehehe

    ReplyDelete